Mau cerita dikit nih pengalaman reschedule penerbangan Sriwijaya Air. Jadi ceritanya, keluarga besarku pingin rame-rame ke padang untuk acara resepsi pernikahan keponakan kami.
Karena konfirmasi ikut nggak nya tidak bareng, jadinya pesen tiketnya pun bertahap. Untuk 2 tiket pertama pemesanan berjalan dengan mulus he...he..he. Karena jadwal berangkatnya hari sabtu dan sebagian masih masuk kerja di hari sabtu (setengah hari) maka carilah yang jam nya sore dan harganya murah. Ketemulah Sriwijaya Air, keberangkatan dari Surabaya 16.05 WIB transit di Jakarta - Soekarno Hatta, tiba di Soeta 17.25 WIB. kemudian lanjut dari Soeta 18.30 menuju padang, Jadwal tiba di Padang 20.10. Harga tiketnya waktu itu 1,5 Jutaan.
Nah giliran selanjutnya ada pemesanan tiket susulan, pesanlah lewat Traveloka.com yang kebetulan ada promo kartu kredit, diskon 100 ribu untuk minimal pemesanan 1,5 jt. Kemudian mulailah booking pesawat dengan fokus Sriwijaya Air dari surabaya 16.05 taraaa ketemu dengan harga lebih murah dibanding pemesanan pertama, ditambah diskon 100 rb lagi. Tanpa babibu lagi langsung order, terus bayar....nah setelah issued ticket baru nyadar, ternyata untuk yang ini transit di Jakarta nya 15 Jam, jadi dari Jakarta ke padangnya baru keesokan harinya jam 9.15 pagi. Waduh , ini nih gara-gara harga murah jadi buru-buru dan kurang teliti.
Mau nggak mau harus reschedule, untunglah di traveloka.com ada fasilitas reschedule, jadi langsung saja proses reschedule sesuai dengan keinginan pertama. Taraaaa ...ternyata untuk reschedule ke jadwal yang diinginkan harus tambah 800 rb an. Waduh rugi bandar nih kalau gini, maunya dapat murah malah buntung. Coba pakai alternatif di cancel, ternyata kalau cancel / refund, uang yang bisa kembali cuma 815 ribuan, artinya gara-gara salah klik sudah rugi 700 rb an. Dua-duanya Reschedule ataupun refund sama-sama buntung.
Pikir punya pikir akhirnya coba chat dengan customer service nya traveloka, alternatifnya adalah menanyakan apakah ada fasilitas menginap gratis nggak kalau transitnya lama seperti itu, harapannya kerabat ini mau untuk menginap di Jakarta. Jawaban dari CS traveloka.com untuk pertanyaan seperti ini langsung saja hubungi maskapai langsung Sriwijaya Air 021-29279777.
Paginya kontak langsung ke Sriwijaya Air di nomor tersebut diatas, dijawab oleh mesin, pencet nomor 3 untuk berbicara dg customer service. Langsung saja menyebutkan nomor booking ((PNR) kemudian menanyakan apakah dapat fasilitas hotel gratis tidak ? dijawab oleh CS Sriwijaya bahwa karena itu pilihan penumpang sendiri maka tidak ada penggantian hotel dll, sedikit ngeyel aku bilang ke CS kalau salah pilih gimana solusinya ? kan di tiket sudah dituliskan tidak bisa reroute. Kemudian CS tersebut bilang, bisa kok pak, tinggal bayar selisihnya, aku tanya berapa selisihnya ? aku pikir akan sama dengan yang lewat traveloka.
Beberapa saat kemudian CS Sriwijaya menyebutkan nambahnya 325 rb, Alhamdulillah, aku langsung mengiyakan dan meminta di proses perubahan tersebut. Tambahan biaya tersebut dibayarkan di Bandara Surabaya 2 jam sebelum keberangkatan.
Alhamdulilah, meskipun harus bayar lebih mahal dibandingkan pemesanan pertama, tapi selisihnya tidak terlalu besar, yah net nya 200 rb an.
Pelajaran yang bisa diambil dari salah order ini :
1. Untuk pemesanan tiket harus lebih hati-hati melihat jadwal penerbangan, tidak hanya jadwal keberangkatan tapi juga jam kedatangan.
2. Jangan terlampau bahagia jika mendapatkan harga yang lebih murah, sehingga kurang hati-hati.
3. Kadang kita pinginnya dapat untung lebih..malah buntung.
4. Reschedule di Traveloka meskipun lebih simple ternyata lebih mahal.. mending langsung ke maskapai.
CS Sriwijaya Air 021-29279777
Nah skrg pengalaman yg sama juga menimpa ku kak,haha tapi rutenya aja yg dibalik😂😂
ReplyDeleteuntuk masalah ini saya rasakan saat ini, tiba2 dapat kabar dari Maskapai Sriwijaya penerbangan dibatalkan alasan masalah operasional, trus hasilnya bagaiamana ini, apakah bisa di rescedule dan apakah ada biaya tambahan, wahhhhh jadi bingung mohon saranya guysss
ReplyDelete